Benarkah Green Tea Buruk untuk Tulang


VIVAnews - Teh hijau atau green tea seringkali menjadi pilihan gaya hidup sehat. Namun, di balik kemampuannya sebagai antioksidan alami bagi tubuh, teh hijau dikhawatirkan memberi dampak buruk pada kesehatan tulang.

Seperti dikutip dari laman Genius Beauty, sejumlah peneliti dari Universitas Oregon dan Connecticut, USA, tengah mengembangkan temuan mengenai dampak buruk green tea terhadap kesehatan tulang.

Penelitian dilakukan terhadap sejumlah tikus yang dikelompokkan berdasar makanan yang dikonsumsinya. Kelompok pertama mengonsumsi makanan tanpa kandungan ekstrak green tea, kelompok kedua dengan 1 persen ekstrak green tea, dan terakhir 2 persen ekstrak green tea.

Hasil, kelompok tikus yang mengonsumsi kandungan green tea terbanyak mengalami gangguan kualitas tulang. Seperti ukuran tulang paha mengecil, massa tulang berkurang, dan mineral dalam tulang tereduksi. Kelompok ini juga memiliki berat badan lebih rendah dibanding dua kelompok lainnya.

Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam Jurnal of Nutrition pada Oktober ini ditengarai juga terjadi pada manusia. Namun, para peneliti masih terus melakukan pengembangan untuk memastikan bahwa konsumsi green tea juga memberi dampak buruk bagi kesehatan dan pertumbuhan tulang manusia.

Link Exchange

Photobucket

Link Partner

Geovisite

  © Blogger template Ade S by dunia-blogger.blogspot.com 2008

Back to TOP